TikTok adalah platform media sosial yang semakin populer di kalangan anak muda. Selain sebagai tempat untuk berkreasi dengan video pendek, TikTok juga menyediakan fitur baru yaitu Toko di TikTok Shop. Dengan fitur ini, kamu bisa menjual produkmu secara online lewat TikTok. Jika kamu tertarik untuk membuat toko di TikTok Shop, berikut adalah panduan lengkap untuk pemula.

1. Membuat Akun TikTok

Langkah pertama untuk membuat toko di TikTok Shop adalah dengan membuat akun TikTok terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduh aplikasi TikTok di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, ikuti langkah-langkah untuk membuat akun TikTok baru.

2. Memperbarui Aplikasi TikTok

Pastikan kamu memperbarui aplikasi TikTok kamu ke versi terbaru. Fitur Toko di TikTok Shop baru tersedia pada aplikasi TikTok versi terbaru.

3. Melengkapi Profil Bisnis

Setelah membuat akun TikTok, kamu harus melengkapi profil bisnis kamu. Pilih opsi “Bisnis” pada menu Pengaturan untuk membuka fitur Toko di TikTok Shop. Isi informasi penting seperti nama bisnis, alamat, dan nomor telepon. Kamu juga bisa menambahkan foto profil dan deskripsi bisnis kamu.

Baca Juga:  10 Tips Meningkatkan CTR di Google Ads

4. Menambahkan Produk

Setelah profilmu terverifikasi, kamu bisa menambahkan produk ke toko kamu. Pilih opsi “Toko” pada menu Pengaturan untuk membuka halaman Toko di TikTok Shop. Pilih opsi “Tambahkan Produk” untuk menambahkan produkmu ke toko. Kamu bisa menambahkan foto produk, deskripsi, harga, dan varian produk.

5. Mengatur Pembayaran dan Pengiriman

Setelah menambahkan produk, kamu harus mengatur pembayaran dan pengiriman. TikTok menyediakan beberapa opsi pembayaran seperti kartu kredit, PayPal, atau transfer bank. Kamu juga harus mengatur pengiriman produk sesuai dengan kebijakan yang kamu tentukan.

6. Mengiklankan Produk

Setelah toko kamu lengkap, kamu bisa mulai mengiklankan produkmu. TikTok menyediakan fitur iklan untuk membantu promosi produkmu. Kamu bisa memilih opsi iklan seperti tayangan video, iklan tautan, atau iklan hashtag.

7. Menjaga Kualitas Produk dan Pelayanan

Untuk mempertahankan toko kamu di TikTok Shop, kamu harus menjaga kualitas produk dan pelayananmu. Pastikan produkmu berkualitas dan sesuai dengan deskripsi yang tertera di toko. Kamu juga harus merespons pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan profesional.

8. Mengelola Persediaan Produk

Untuk menghindari kekecewaan pelanggan, kamu harus mengelola persediaan produk dengan baik. Pastikan produk yang kamu jual tersedia dan siap dikirim. Jika stok produkmu habis, segera update informasi di halaman toko agar pelanggan tidak kecewa.

9. Membuat Konten Kreatif

Untuk menarik perhatian calon pelanggan, kamu harus membuat konten kreatif di TikTok. Buat video pendek yang menarik dan informatif tentang produkmu. Kamu juga bisa mengikuti tren atau challenge yang sedang viral di TikTok untuk menarik perhatian lebih banyak orang.

10. Menjalin Koneksi dengan Pelanggan

Untuk membangun bisnis yang sukses di TikTok Shop, kamu harus menjalin koneksi dengan pelangganmu. Berikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan. Kamu juga bisa mengadakan giveaway atau promo untuk menarik perhatian pelangganmu.

Baca Juga:  Meningkatkan Penjualan dengan Menggunakan TikTok Ads di TikTok Shop

11. Mengetahui Trend Produk

Untuk bisa bersaing dengan toko lain di TikTok Shop, kamu harus mengetahui trend produk yang sedang populer. Kamu bisa memantau hashtag atau mencari tahu trend produk di platform lain. Pastikan produkmu selalu up-to-date dan sesuai dengan trend saat ini.

12. Menyediakan Layanan Purna Jual

Setelah pelanggan membeli produkmu, jangan lupakan layanan purna jual. Pastikan pelangganmu puas dengan produkmu dan berikan layanan purna jual yang baik. Kamu bisa memberikan opsi pengembalian barang atau garansi jika produkmu bermasalah.

13. Memperbarui Informasi Toko

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, kamu harus memperbarui informasi toko secara berkala. Pastikan alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya selalu up-to-date. Kamu juga bisa memperbarui foto produk atau deskripsi produk jika ada perubahan.

14. Mengoptimalkan Hashtag

Hashtag sangat penting di TikTok untuk menarik perhatian orang lain. Kamu harus mengoptimalkan hashtag di toko kamu agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Gunakan hashtag yang relevan dengan produkmu dan yang sedang populer di platform.

15. Mengikuti Pelatihan TikTok Shop

Jika kamu masih bingung tentang cara menggunakan Toko di TikTok Shop, kamu bisa mengikuti pelatihan TikTok Shop yang disediakan oleh TikTok. Pelatihan ini akan memberikan tips dan trik untuk membuat toko yang sukses di TikTok Shop.

16. Mengamati Tren dalam Bisnis

Untuk mengembangkan bisnis di TikTok Shop, kamu harus mengamati tren dalam bisnis. Pelajari cara-cara baru untuk memasarkan produkmu dan tingkatkan kualitas produkmu agar lebih baik dari toko lainnya.

17. Menjalin Koneksi dengan Influencer

Influencer bisa membantu mempromosikan toko kamu di TikTok. Kamu bisa menjalin koneksi dengan influencer yang memiliki pengikut yang banyak untuk mempromosikan produkmu. Pastikan influencer yang kamu pilih sesuai dengan produkmu dan bisa memberikan hasil yang baik.

18. Mengikuti Trend dalam Bisnis

TikTok selalu menghadirkan trend baru di platformnya. Kamu harus mengikuti trend dalam bisnis agar bisa bersaing dengan toko lainnya. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan berinovasi dalam bisnismu.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Instagram Ads melalui Facebook Ads Manager

19. Memperbarui Konten Secara Berkala

Untuk menjaga toko kamu tetap menarik, kamu harus memperbarui konten secara berkala. Buat konten yang menarik dan informatif untuk menarik perhatian calon pelangganmu. Jangan lupa untuk mempromosikan produkmu dengan baik dalam setiap konten yang kamu buat.

20. Mengetahui Target Pasar

Untuk bisa menjual produkmu dengan baik di TikTok Shop, kamu harus mengetahui target pasar yang kamu tuju. Pelajari karakteristik dari target pasarmu dan buat produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

21. Melakukan Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis di TikTok Shop, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Pelajari kebutuhan dan keinginan dari pelangganmu. Jangan lupa untuk mempelajari toko-toko kompetitormu agar bisa bersaing dengan lebih baik.

22. Menjaga Kualitas Layanan

Layanan yang baik adalah kunci sukses dalam bisnis. Pastikan kamu memberikan layanan yang baik dan ramah kepada pelanggan. Kamu juga harus merespons pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan profesional.

23. Berinovasi dalam Bisnis

Untuk bisa sukses di TikTok Shop, kamu harus berinovasi dalam bisnis. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan unik dalam bisnismu. Buat produk yang berbeda dari yang lain dan tawarkan sesuatu yang spesial untuk pelangganmu.

24. Menjaga Harga yang Kompetitif

Untuk bersaing dengan toko lain di TikTok Shop, kamu harus menjaga harga yang kompetitif. Jangan menetapkan harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dari harga pasaran. Cari tahu harga pasaran dan tetapkan harga yang fair untuk produkmu.

25. Mempromosikan Produk dengan Baik

Promosi yang baik akan membantu toko kamu lebih dikenal oleh orang lain. Kamu bisa mempromosikan produkmu dengan membuat video pendek yang menarik atau membuat iklan yang kreatif. Pastikan promosi yang kamu buat sesuai dengan karakteristik dari target pasar kamu.